Rabu, 12 Juni 2019

Hindari Asam Urat Jangan Coba Suplemen Ini

Hindari Asam Urat Jangan Coba Suplemen Ini

Sebetulnya asam urat hanyalah senyawa yang secara alami diproduksi oleh tubuh untuk menguraikan zat purin yang tersimpan dalam makanan. Jika normal asam urat yang tidak layak dibuang tubuh lewat feses dan urin, namun ketika terlalu banyak kadar asam urat di tubuh akan menghambat organ ginjal memprosesnya hingga membahayakan diri seseorang.



Memiliki penyakit asam urat berdampak mengganggu kenyamanan dan aktivitas yang dilakukan karena bagian persendian merupakan hal paling utama kondisi ini. Siapa saja penderita asam urat tinggi perlu bijak memilih jenis makanan yang disantap tidak asal lezat di lidah.

Beragam gejala yang muncul dimulai dari bengkak, kemerah-merahan, terasa nyeri hebat diraba panas bahkan kaku. Timbunan kristal asam urat pada aliran darah nantinya menjadi radang (inflamasi) yang bakal menyerang jari kaki maupun tangan, tumit, siku, pergelangan tangan, dengkul.

Nah agar komplikasi lebih lanjut mampu dicegah, ada beberapa faktor yang penting diperhatikan demi menjamin kesehatan. Memenuhi nutrisi dengan mengandalkan makanan / mengatur pola makan tidaklah cukup, sehingga agar gejala asam urat tidak terus kambuh maka suplemen ditambahkan.

Suplemen yang dikonsumsi juga tidak sembarangan, pasalnya diketahui suplemen tertentu rawan memicu asam urat yaitu:

  1. Suplemen zat besi berperan meningkatkan asam urat, zat besi mengaktifkan senyawa xanthine oxidase berupa enzim yang dihasilkan hati bertugas memecah senyawa jadi asam urat. Diterangkan dr. Dina Kusumawardhani, kelebihan zat besi memaksa anda mengalami nyeri sendi. Kemudian efek samping termasuk risiko batu ginjal akibat lonjakan asam urat.
  2. Suplemen mengandung gula / fruktosa merangsang asam urat berlebih, mengaktifkan fosfat berenergi tinggi yang dikenal ATP. Begitu termetabolisme sendiri di hati, bisa diubah ke asam urat.
  3. Suplemen penurun berat badan menarik kafein yang menaikkan dehidrasi, ginjal perlahan stres dan asam urat berlipat.
  4. Suplemen kreatin mengacaukan ginjal menarik air menuju otot rangka menyisakan lebih sedikit air untuk proses penyerapan di tubuh lain. Selagi dehidrasi ginjal tertekan sangat kuat dan memacu asam urat.

Sebelumnya konsultasi dahulu, cek guna memastikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar